BREAK
Loading...

Karl Marx Das Kapital Buku 3

Tulisan Karl Mark tentang proses produksi kapitalis secara menyeluruh

MFILES - Volume ketiga Kapital, dengan pemecahan masalah mengenai tingkat laba (masalah dasar dari para ahli ekonomi Marxis), tidak terbit sebelum tahun 1894. Seperti halnya di Jerman, seperti di semua negeri lain, agitasi telah dilakukan dengan bantuan material yang belum selesai yang dikandung didalam volume pertama; doktrin Marxis telah dipopulerkan dan mendapatkan penerimaan berdasarkan volume pertama ini saja; keberhasilan teori Marxis yang tidak lengkap itu memang sangat fenomenal; dan tidak seorangpun menyadari bahwa terdapat sesuatu celah didalam ajaran itu.


Selanjutnya ketika volume ketiga akhirnya terbit, kalau pada awalnya ia menarik perhatian di kalangan-kalangan para ahli yang terbatas, dan menimbulkan sejumlah komentar tertentu -- sejauh yang mengenai gerakan sosialis secara keseluruhan, volume baru itu boleh dikatakan tidak mengesankan bagi wilayah luas dimana gagasan itu dibahas dalam buku asli itu telah menjadi dominan. Kesimpulan teori dari volume 3 hingga kini tidak menimbulkan usaha apapun ke arah populerisasi, mereka juga tidak menjamin penyebarluasan.


Sebaliknya bahkan di kalangan kaum sosial demokrat kadangkala kita mendengar, dewasa ini, penggegaman-kembali kekecewaan dengan volume ketiga Das Kapital yang begitu sering disuarakan oleh para ahli ekonom borjuis dan dengan demikian kaum sosial demokrat ini cuma sekedar memperlihatkan betapa sepenuhnya mereka menerima pemaparan tidak lengkap teori tentang nilai yang disajikan dalam volume pertama.


Dari sudut pandang ilmiah, volume ketiga Das Kapital mesti, jelas sekali, terutama dipandang sebagai pelengkap kritik Marx atas kapitalisme. Tanpa volume ketiga ini kita tidak dapat mengerti, baik hukum mengenai tingkat laba yang benar-benar dominan; maupun pecahnya nilai lebih menjadi laba, bunga dan sewa; atau bekerjanya hukum nilai didalam bidang persaingan. Tetapi, dan ini masalah yang terpenting, semua masalah ini, betapapun pentingnya dari sudut pandang teori semurninya, dalam perbandingan adalah tidak penting dari sudut pandang praktek perjuangan klas. Sejauh yang mengenai perjuangan klas, masalah teori yang fundamental adalah asal usul nilai lebih, yaitu penjelasan ilmiah mengenai eksploitasi; bersama dengan penjelasan mengenai kecenderungan pada sosialisasi proses produksi, yaitu, penjelasan ilmiah mengenai landasan objektif revolusi sosialis dari KEMACETAN DAN KEMAJUAN MARXISME.


Kapital Buku 3: Proses Produksi Kapitalis Secara Menyeluruh
by Karl Marx, Oey Hay Djoen (Translator), Friedrich Engels
Paperback, 996 pages
Published 2007 by Hasta Mitra–Ultimus–Institute for Global Justice (first published 1894)
ISBN 9798659406
edition language: Indonesian

Sebarkan Artikel Ini :
Sebar di FB Sebar di Tweet Sebar di GPlus

About Unknown

WEBSITE ini didedikasikan untuk ilmu pengetahuan dan HUMAN BEING, silahkan memberikan komentar, kritik dan masukan. Kami menerima artikel untuk dimuat dan dikirim ke kawanram@gmail.com. Selanjutnya silahkan menghubungi kami bila memerlukan informasi lebih lanjut. Salam PEMBEBASAN!
    Blogger Comment
    Facebook Comment