BREAK
Loading...

May Day, Persatuan Perlawanan Buruh Di Lapangan Haymart

Mayday, Hari buruh internasional

MERDEKA FILESChicago - Sejarah May Day sebagai buruh tercatat lahir dari perjuangan besar buruh pada April 1886. Saat itu ratusan ribu buruh di AS bergabung dalam organisasi buruh Knights of Labour untuk menghentikan dominasi pengusaha. Perjuangan ini menemukan momentumnya di Chicago. Negara bagian ini memang menjadi pusat pengorganisiran serikat-serikat buruh di AS. 

Menjelang Mei, mereka telah melakukan propaganda menuntut kerja “delapan jam sehari”. Saat itu kondisi buruh memang memprihatinkan. Mereka diharuskan bekerja 12-15 jam sehari. Mereka pun harus puas dengan upah yang sangat rendah. 

Menjelang Mei 1886, puluhan ribu buruh mogok. Kondisi ini mengakibatkan kondisi perindustrian di Chicago lumpuh. Pada 1 Mei 1886 Federasi Buruh Amerika mengoordinasi sebanyak 350.000 buruh untuk melakukan pemogokan di banyak tempat di Amerika Serikat. Pada 3 Mei, terjadi insiden penembakan terhadap 14 orang buruh pabrik McCormick oleh polisi sedangkan puluhan lainnya luka-luka. dan memicu reaksi keras dari para buruh. 

Puncak insiden ini terjadi pada 4 Mei 1886. Aksi buruh saat itu dipusatkan di lapangan Haymart. Pada awalnya aksi ini berjalan damai. Namun tiba-tiba sebuah bom meledak di dekat barisan polisi. Seorang polisi terluka dan belasan lainnya terluka. Polisi menduga buruhlah yang menjadi dalang di balik insiden pengeboman tersebut. Polisi langsung menembaki kerumunan buruh yang masih ada di lapangan Haymart. Banyak yang terluka maupun tewas. Meski tidak diketahui siapa yang melakukan pengeboman pada akhirnya pemerintah Amerika melakukan tindakan keras pada aktivis buruh. 

Hampir semua pimpinan buruh ditangkap. Pengadilan digelar untuk mereka. Sayangnya, pengadilan tersebut lebih berpihak pada pengusaha. Delapan orang aktivis diberi hukuman gantung. Sedangkan aktivis lainnya dijatuhi hukuman penjara. Masyarakat luas merespon hasil pengadilan tersebut dengan kemarahan. Pengadilan AS dituding korup dan lebih memihak kaum pengusaha. Unjuk rasa untuk menuntut pembebasan para aktivis buruh pun digelar. Akhirnya pada 1893, tiga orang aktivis buruh dibebaskan.

Untuk menghormati pengorbanan para martir yang rela mati untuk memperjuangkan nasib buruh  Kongres Sosialis dunia di Paris pada Juli 1889 menetapkan 1 Mei sebagai hari buruh sedunia. Bulan Mei dipilih mengingat pada bulan itulah terjadi puncak momentum dari perjuangan serikat buruh sekaligus sebagai simbol persatuan perlawanan buruh di AS yang bergabung dalam organisasi Knights of Labour.
Sebarkan Artikel Ini :
Sebar di FB Sebar di Tweet Sebar di GPlus

About Unknown

WEBSITE ini didedikasikan untuk ilmu pengetahuan dan HUMAN BEING, silahkan memberikan komentar, kritik dan masukan. Kami menerima artikel untuk dimuat dan dikirim ke kawanram@gmail.com. Selanjutnya silahkan menghubungi kami bila memerlukan informasi lebih lanjut. Salam PEMBEBASAN!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Mohon tidak memberikan komentar bermuatan penghinaan atau spam, Kita semua menyukai muatan komentar yang positif dan baik.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.