BREAK
Loading...

Pupuk Organik Cair Dari Batang Pisang

Pupul organiks alternatif dari sekitar kita
Pupul organiks alternatif dari sekitar kita, Foto: istimewa

MFILES - Cara pembuatan pupuk alternatif adalah salah satu cara untuk melawan monopoli pupuk. Cara-cara pembuatan pupuk alternatif diperlukan untuk melawan ketergantungan kita akan pupuk kimia. Salah satu cara membuat pupuk alternatif adalah membuat pupuk cair dari limbah batang pisang. Batang pisang atau lazim disebut gedebok pisang, memang banyak dan mudah ditemui di sekitar kita. Apalagi pisang memang hanya berbuah sekali dan setelahnya dia akan mati dengan sendirinya. Daripada teronggok menjadi sampah dan menunggu terurai sebagai kompos, lebih baik digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk cair organik.


Cara pembuatannya mudah, dan  serupa dengan pembuatan pupuk cair organikjambu biji. Namun lebih jelasnya saya uraikan kembali di bawah ini:


Bahan-Bahan pembuatan Pupuk Cair Organik Batang pisang

1.       1 kg batang pisang, pilih yang bagian dalamnya yang berwarna putih. 

2.       200 gram gula pasir, (bisa diganti dengan gula aren)

3.       3 liter air tanah

4.       Tong atau ember yang mempunyai tutup

5.       Karung bekas


Cara Membuat:

Cincang bagian dalam batang pisang menjadi potongan kecil-kecil-kecil. Masukkan dalam wadah karung bekas.

cacahan bagian dalam pisang

Campur air dengan gula dalam ember atau tong sampai gula larut. Masukkan karung berisi cacahan batang pisang ke dalamnya, sampai karung tenggelam. Tutup rapat tong/ember terbut. Letakkan di tempat yang tidak terkena matahari langsung.

Biarkan sekitar seminggu-10 hari. Jangan lupa untuk membuka tongnya sekali sehari untuk mengeluarkan gas yang terbentuk dari campuran bahan-bahan pupuk tersebut, dengan cara mengaduknya. Setelahnya tutup kembali dengan rapat.


Dalam waktu 7-10 hari, pupuk cair sudah akan siap digunakan. Tanda-tanda pupuk cair organik berhasil adalah adanya bau seperti aroma tape. Bila bau busuk yang tercium (seperti bau got), berarti proses pembuatan pupuk cair organik gagal, dan cairan tersebut harus dibuang.


Angkat karung yang berisi cacahan batang pisang. Bekas cacahan batang pisang bisa digunakan sebagai kompos. Sedangkan air yang dalam ember/tong itulah yang menjadi pupuk organik cair organik.


Pemakaian larutan pupuk cair organik batang pisang ini adalah dengan mencampurnya dengan air tanah/sumur. Perbandingannya 1:15, artinya satu bagian pupuk cair organik dilarutkan dengan 15 bagian air tanah.


Gunakan pupuk cair organik batang pisang ini dua kali dalam seminggu. Siramkan di tanah sekitar tanaman.


Catatan:

Untuk menghemat waktu, saya memakai takaran gula sebayak 1 kg, sehingga komponen bahan lainnya pun dikalikan 5, yakni, 5 kg batang pisang dan 15 liter air tanah.


Maaf... cara membuat ini belum saya coba tapi sepertinya hampir sama dengan cara membuat pupuk alternatif yang pernah yang praktekkan dengan bahan yang lain. Mari kita uji dan saling berbagi ilmu.

Sebarkan Artikel Ini :
Sebar di FB Sebar di Tweet Sebar di GPlus

About Unknown

WEBSITE ini didedikasikan untuk ilmu pengetahuan dan HUMAN BEING, silahkan memberikan komentar, kritik dan masukan. Kami menerima artikel untuk dimuat dan dikirim ke kawanram@gmail.com. Selanjutnya silahkan menghubungi kami bila memerlukan informasi lebih lanjut. Salam PEMBEBASAN!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Mohon tidak memberikan komentar bermuatan penghinaan atau spam, Kita semua menyukai muatan komentar yang positif dan baik.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.